Saturday, August 06, 2005

Leluhur orang Bali

Kalangan intelektual non Bali, sangat meragukan akan kebenaran asal-usul leluhur orang Bali seperti disebutkan dalam Babad. Mereka berpendapat adanya pengkaitan leluhur orang Bali dengan nama-nama besar dan suci pada kerajaan di Jawa, hanya mengacu pada hubungan sejarah kebudayaan. Dimana kebudayaan Bali itu sendiri berasal dari tanah Jawa. Bahkan sampai ada juga usaha-usaha penelitian terhadap darah orang Bali, kemudian dicocokkan dengan darah orang Jawa. Hasilnya konon tidak ada kesamaan. Tentu saja dan dapat dimaklumi, karena orang Bali yang leluhurnya dari Jawa tidak pernah menjaga kemurnian darahnya, Selama kurun waktu seribu sampai lima ratus tahun yang silam.

Orang Bali dari kalangan bawah, sampai kalangan menengah dan termasuk yang intelektual sekalipun, masih tetap berkeyakinan, bahwa leluhur mereka memang berasal dari Jawa, kecuali orang-orang Bali Mula. Orang-orang Bali Mula ini, menurut sejarah kebudayaan, mereka berasal dari Tonkin (Kochin China).

Untuk membuktikan kebenaran, bahwa sebagian leluhur orang Bali memang berasal dari
Jawa, adalah tentang penggunaan bahasa Jawa Juno yang sangat dominant dalam bahasa Bali, khususnya bahasa Bali Alis Singgih (Asi). Hampir semua bahasa Bali Alus Singgih itu berasal dari kata-kata Jawa kuno.
(I Nyoman Singgih Wikarman, LELUHUR ORANG BALI dari dunia babad dan sejarah, penerbit Paramita Surabaya)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home